Karya Ilmiah

Assalamualaikumm... wah kemaren2 saya disibukkan dengan tugas2 jadi gak sempat nyambangi blog ne,, hehehe rindu buat nulis apapun yang penting bermanfaat dan enak dibaca... :)
Perkuliahan Bahasa Indonesia memang sangat penting, terutama untuk menunjang kemampuan menulis karya ilmiah, apalagi semua mahasiswa di tahun 2012 ini baik itu  jenjang S-1, S-2, maupun S-3 wajib membuat jurnal ilmiah selain skripsi berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh DIKTI tanggal 27 Januari 2012 kemaren.

Menulis karya ilmiah itu tidak mudah namun juga tidak sulit, sedang-sedang sajalah, Kemampuan menulis dapat kita tingkatkan dengan :
1. Banyak membaca. Sewajarnya semakin banyak kita membaca, semakin luas khasanah ilmu pengetahuan kita, sehingga dapat mempermudah jari-jari kita tuk menggoreskan tinta di atas kertas tentang karya ilmiah. kita harus mnyediakan waktu khusus untuk membaca, jam segini untuk membaca diktat kuliah, jam segini membaca koran, jam segini baca novel, jam segini baca buku tentang agama ( penting bangett ni,niar hati kita gak hampa, kering kerontang >,< )
2. Menulis. nah ini nih, terkadang kita gak tau mesti mau nulis apaan..Gimana donk caranya biar dapat ide buanyak n menarik?? saya punya tips, boleh dicoba , gk dicoba juga gak papa kok, :D caranya adalah jeng-jeng... kita mesti punya notes kecil untuk menampung ide-ide kita, dimanapun kita berada kita bawa tuh notes kecil. Nah saat pikiran kita lagi terisi ide cemerlang nan terang, langsung kita tuliskan di notes kecil itu. Kenapa perlu ditulis saat itu juga?? kan masih banyak waktu??? memang waktu kita mungkin sangat banyak buat nulis ide, tapi ingat teman MANUSIA ADALAH TEMPAT LUPA... hehehe jadi biar kita gak lupa kita tulis ide itu. oya menulis itu juga memperbaiki daya ingat loohhh
3. Tidak mudah putus asa. Fighting-fightinggg.... ! saya kadang juga ngerasa putus asa kalu dapat tugas buat nulis karya ilmiah, tapi hal tersebut saya siasati dengan mengingat wajah ibu, bapak dan keluarga inti saya. Ibu kita bersusah payah, mencari hutangan buat biaya kita, masak kita sebagai anaknya harus dikalahkan dengan KARYA ILMIAH??? GAK MAU DOONK... kita juga punya TUHAN, ALLAH SWT yang slalu dekat dengan kita melebihi dekatnya urat nadi dengan kulit kita.
ada kalimat bagus nih,, " jika seseorang tidak mempercayai dirinya sendiri itu sama saja dengan dia tidak percaya kepada TUHAN nya "  wooooooooooo ... insyaAllah,semoga Allah tidak menggolongkan kita ke orang-orang yang krisis percaya diri, amiiin,, dan ojo lali over PD juga gak bagus. Percaya kita bisa, dan kita kan meraihnya..
4. Berdoa. Berdoa adalah senjatanya orang muslim. Nah selain usaha keras kita, jangan lupa untuk selalu berdoa di setiap prosesnya. Karena semua kejadian di dunia sudah terkonsep oleh Allah SWT dengan indah, meskipun itu buruk dirasa.... Bisa jadi karya ilmiah kita tidak bisa bagus sekarang, namun bagus di masa yang akan datang....
5. to be continue... hehehe Assalamualaikum :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI BUKU "RENTANG KISAH"

Just Write About Evolusi

Skripsweet, Ulalalaaa